BELAJAR MICROSOF WORD
(MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI
PEMULA)
By Rina Anafitra
BAB I
Pendahuluan
M
|
icrosoft Word merupakan
salah satu paket program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah
kata. Pada saat menjalankan program Microsoft Word, maka pada layar monitor
akan muncul tampilan berikut:
Memulai
Microsoft Word
S
|
ecara default, saat
pertama kali menjalankan Microsoft Word, maka akan terbentuk dokumen kosong
yang diberi nama doc 1. Pada dokumen
tersebut dapat diketikkan naskah yang akan Anda buat. Untuk memulai Microsoft
Word dapat melalui lima cara :
1.
klik ganda icon program word pada desktop
2.
klik shortcut menu word
3.
klik office program bar pada menu start
4. klik nama
dokumen/file word bila pernah mengetik dokumen dengan word
5. dengan windows explorer atau start
menu find, cari file Microsoft Word atau Winword (tipe
file : application atau shortcut) kemudian klik ganda.
Pengoperasian Microsoft
Word dapat melalui :
1. memilih menu pada Menu Bar
2. menekan tombol-tombol pada Toolbar
3. menekan Shortcut.
Untuk
pemilihan menu dengan keyboard dapat digunakan tombol F10 yang diikuti
penggunaan tombol panah dan Enter, atau dengan menekan tombol Alt diikuti
dengan tombol huruf yang bergaris bawah pada menu dimaksud. Jika menggunakan
mouse maka gerakkan mouse pada menu yang dimaksud (ditandai dengan bentuk
seperti tombol pada menu yang terletak pada cursor), kemudian tekan tombol
mouse kiri untuk menampilkan isi menu tersebut.
Status
bar menampilkan informasi mengenai dokumen yang sedang aktif, seperti nomor
halaman, nomor section, jumlah halaman, nomor baris, kolom, jarak baris dll.
Membuat File
Baru
Untuk membuat file baru, Anda dapat
memilih menu File-New atau tekan tombol atau tekan shortcut
Ctrl+N.
Penyimpanan
File
Setelah
dokumen selesai dibuat, dapat disimpan dengan memilih menu File-Save atau
tombol Toolbar
atau tekan shortcut Ctrl+S. Setelah memilih
menu tersebut bilamana anda belum pernah menyimpan file anda sebelumnnya maka
akan pada layar akan muncul tampilan :


Masukkan nama file pada kolom File Name dan kemudian
tekan Enter atau pilih tombol Save. Secara default, nama file tersebut
akan diberi extention .doc oleh Microsoft Word. Dapat juga anda
menentukan letak penyimpanan dengan memilih pada kotak dialog save in atau
mengetikkan pada file name beserta nama filenya.
Untuk membatalkan dapat menekan Escape atau tombol Cancel.
Secara default, folder tempat penyimpanan dokumen Anda adalah My Documents.
Anda dapat mengubah folder tersebut dengan memilih pilihan pada kolom Save In
yang terletak di bagian atas window. Jika diinginkan, Anda dapat membuat folder
baru dengan menekan tombol .
Anda juga dapat
menyimpan dokumen dengan format selain Microsoft Word yaitu dengan memilih pada
kolom Save as Type.
Membuka
File
Untuk membuka dokumen
yang ada, dapat memilih menu File-Open atau tekan tombol toolbar
atau tekan shortcut Ctrl+O. Maka akan muncul
tampilan :


Pilihlah
dokumen yang akan dibuka dan kemudian tekan tombol Open, atau jika
daftar tersebut terlalu banyak, maka dapat Anda ketikkan nama file (bisa hanya
beberapa huruf depan saja) kemudian pilihlah nama dokumen yang ingin anda
gunakan.
Berikut
untuk mencari file bilamana anda tidak dapat menemukan file yang anda inginkan
atau lupa dimana anda menyimpannya. Pilihlah Tools – Search.

Akan muncul kotak
seperti gambar dibawah lalu ketikkan nama file yang anda inginkan pada Search
Text dan pilih Go.
Menyimpan File Dengan Nama Lain

Jika
Anda telah menyimpan dokumen dan ingin menyimpannya lagi dengan nama yang lain
atau dengan format selain Microsoft Word, dapat dipilih menu File-Save
As. Maka akan muncul window yang sama persis dengan window save di atas.
Menutup
File
Setelah
Anda selesai mengetikkan dokumen dan telah disimpan, maka dokumen tersebut
dapat Anda tutup dengan memilih menu File-Close atau shortcut
CTRL+F4 atau meng-klik simbol silang pada window.
Edit
Untuk
memindahkan suatu bagian dokumen ke lain tempat, juga tidak perlu menghapus
dokumen lama kemudian mengetik ulang dokumen tersebut di tempat yang baru
melainkan dengan menduplikatnya atau memindahkan saja.
Menduplikat
atau memindahkan dokumen tersebut dapat dilakukan dengan cara :
1. Sorot bagian dokumen yang akan Anda
duplikat/pindahkan. Penyorotan/memblok dapat menggunakan mouse ataupun tombol
keyboard :
•
Kombinasi tombol SHIFT
o SHIFT+CTRL+Panah kiri : blok hingga
awal kata
o SHIFT+CTRL+Panah kanan : blok hingga
akhir kata
o SHIFT+HOME : blok hingga awal baris
o SHIFT+END : blok hingga akhir baris
o SHIFT+CTRL+HOME : blok hingga awal
dokumen
o SHIFT+CTRL+END : blok hingga akhir
dokumen
•
EXT/modus extended selection
o Tekan tombol F8 dua kali : blok suatu
kata
o Tekan tombol F8 tiga kali : blok suatu
kalimat
o Tekan tombol F8 empat kali : blok
suatu paragraph
o Tekan tombol F8 lima kali : blok
section
o Tekan tombol F8 enam kali : blok
seluruh dokumen
•
Pointer mouse
o Klik ganda suatu kata : blok kata
o CTRL+klik suatu kalimat : blok kalimat
o Klik didepan baris saat pointer
berbentuk anak panah : blok baris
o Drag didepan baris : blok sekelompok
baris
o Klik ganda didepan baris dengan pointer
panah : blok paragraph
o CTRL+klik didepan baris dengan pointer
panah : blok seluruh dokumen
o ALT+klik pointer pada naskah : blok
segiempat
o Untuk membatalkan blok, klik pointer
di sembarang tempat.
2. Jika Anda bermaksud
menduplikat dokumen, pilih menu Edit-Copy atau tekan tombol
atau
tekan shortcut Ctrl+C.

3. Tetapi jika Anda
hendak memindahkan dokumen, pilih menu Edit-Cut atau tekan tombol
atau tekan shortcut Ctrl+X.

4. Pindahkan cursor ke
tempat yang baru, kemudian pilih menu Edit Paste atau tekan tombol
atau
tekan shortcut Ctrl+V.

5. Jika
Anda hendak memilih keseluruhan dokumen, dapat dilakukan tanpa harus menggeser
mouse atau menekan tombol panah pada keyboard. Cukup dengan memilih
menu Edit-Select All atau CTRL+A.
6.
Jika
Anda melakukan kesalahan dalam melakukan perubahan pada dokumen dan berniat
membatalkannya, dapat memilih menu Edit-Undo atau menekan tombol
atau shortcut Ctrl+Z. Tombol
yang bergambar segitiga digunakan untuk
menampilkan daftar perubahan yang telah Anda buat, dan dapat dipilih sekaligus
sehingga tidak perlu menekan tombol tersebut berulang-ulang.

7. Untuk melaksanakan
kembali perubahan yang telah dibatalkan, Anda dapat melaksanakannya
dengan memilih menu Edit-Redo atau menekan tombol
atau shortcut Ctrl+Y.

8. Untuk menemukan suatu teks tertentu
pada dokumen, dapat digunakan fasilitas find yang terdapat pada menu Edit-Find…
atau tekan shortcut Ctrl-F. Jika menu tersebut diaktifkan, maka pada layar akan
tertampil sbb :

Pada kolom Find what dapat Anda
ketikkan teks yang Anda cari, kemudian tekan tombol Find Next. Jika teks
yang Anda cari ditemukan, maka teks tersebut akan tampil dalam keadaan terpilih
(ter- Untuk mengganti suatu teks dengan teks
yang lain, maka dapat Anda gunakan menu Edit-Replace… atau
shortcut Ctrl-H atau jika Anda sudah berada pada tampilan Find di atas,
dapat langsung tekan pada bagian Replace. Tampilan pada menu Replace ini
ialah :

Masukkan
kata yang akan diganti pada kolom Find What dan ketikkan kata
penggantinya pada Replace With. Kemudian dapat ditekan tombol Find
Next. Jika teks yang akan diganti ditemukan, maka teks tersebut akan
ditampilkan dalam keadaan terpilih (ter-blok), dan tentukan apakah akan
mengubah teks tersebut atau tidak, atau bahkan mengubah semua teks pada seluruh
dokumen. Jika hanya mengubah teks yang terpilih saja, maka dapat ditekan tombol
Replace, tetapi jika diinginkan mengubah seluruh teks pada dokumen tanpa
konfirmasi lagi, dapat ditekan tombol Replace All.
10.
Untuk menuju halaman tertentu, dapat dipilih menu Edit-Go To… atau tekan
shortcut Ctrl-G. Tampilan pada menu ini ialah :

Nomor
halaman yang kita tuju dapat diketikkan pada bagian Enter Page Number,
kemudian tekan tombol Next. Selain digunakan untuk
menuju halaman tertentu, menu Go To ini juga dapat digunakan untuk
menuju nomor section, baris, footnote, endnote dll dengan cara memilih pada
bagian Go To What.
Mengaktifkan
/ Me-non-aktifkan Toolbar dan Ruler
Toolbar
yang akan diaktifkan atau di-non-aktifkan dapat dipilih pada menu View-Toolbar
atau Tools - Customize - tab Toolbars kemudian memilih
katagori perintah di kotak daftar kategori. Atau cara lain adalah:
•
Menu Tools – Customize – tab Commands
•
Pilih kategori pada kolom sebelah kiri
• Seret pilihan perintah yang akan dibuat
icon pada lokasi yang
diinginkan.
Mengembalikan
toolbar ke keadaan semula dengan memilih menu View – Toolbars. Pilih
toolbar yang akan dikembalikan ke keadaan semula kemudian klik tombol reset.
Untuk
mengaktifkan atau me-non-aktifkan ruler, dapat Anda pilih menu View-Ruler.
Mengubah
Tampilan Dokumen
Pengaturan
tampilan layer digunakan untuk mengatur mistar vertical, scroll bar horizontal,
status bar, dsb dilakukan dengan cara memilih menu Tools – Options –
tab View. Selain itu, ada pula modus view atau bentuk tampilan layar
dengan 4 pilihan :
• Normal
View – tampilan standar word. Normal View digunakan untuk mengetik, mengubah
dan memformat teks secara umum. Pada Normal View, format teks terlihat dan
tampilan pada layar sederhana sehingga mudah digunakan untuk mengetik atau
mengubah secara cepat

• Web Layout View – untuk menghubungkan
dengan halaman web internet

• Print Layout View – tampilan
hasil cetakan. Digunakan untuk
melihat tampilan dokumen sesuai dengan kertas yang digunakan. Jadi yang tampil
akan sama dengan yang tercetak jika dokumen tersebut dicetak dengan printer.
Tampilan ini berguna untuk mengubah header dan footers, mengatur margin,
membuat kolom, menampilkan gambar dll

• Outline View – tampilan naskah beserta
bagan atau hirarkhi teks. Outline View menyebabkan struktur dokumen mudah
dilihat dan juga mudah jika dilakukan pemindahan, penduplikatan serta
pengaturan letak teks. Hal ini dilakukan hanya dengan mengatur heading. Pada
Outline View ini, juga dapat dengan mudah mengatur tampilan, apakah hanya
ditampilkan heading utama, kedua, ketiga dst, atau ditampilkan semua teks.

• Print preview – menunjukkan bentuk
dokumen bila dicetak

• Reading layout

Pengubahan
ini dilakukan dengan memilih menu View dan diikuti dengan tampilan yang
diinginkan atau dengan menekan tombol yang terletak pada bagian bawah window,
di samping kiri horizontal scrollbar.
BAB II
Memformat Dokumen
Mengatur Margin
dan Ukuran Kertas
Untuk mengatur margin dokumen dan ukuran
kertas, dapat dipilih
menu
File-Page Setup

Pada
bagian margin, Anda dapat mengatur margin atas, bawah, kiri, kanan kertas, juga
beserta jarak header dan footer. Pada pilihan Apply To, Anda dapat
menentukan apakah margin tersebut berlaku untuk keseluruhan dokumen (Whole
Document), atau hanya berlaku mulai dari posisi cursor ke bawah (This
Point Forward). Pada pilihan Multiple Pages terdapat empat pilihan
untuk membantu dalam pengaturan bentuk dokumen sesuai kebutuhan, antara lain :
1.
Normal :
tampilan normal
2.
Mirror Margin :
digunakan jika hendak membuat dokumen yang bersebelahan antara halaman genap
dengan ganjil.
3.
2 Pages per Set :
mengatur agar satu halaman kertas dibagi 2 atas bawah sebagai halaman yang
berbeda
4.
Book Fold :
sebagai tampilan buku yang butuh untuk membagi kertas kanan dan kiri.
Tombol Default… digunakan untuk
menyimpan semua pengaturan yang telah dibuat menjadi aturan default Microsoft
Word sehingga setiap Anda membuat dokumen yang baru, maka dokumen tersebut
mempunyai format margin dan ukuran kertas sesuai dengan aturan Anda.
Secara
default, satuan ukuran yang digunakan oleh Microsoft Word ialah Inch, tetapi
Anda dapat mengubahnya menjadi cm atau satuan lain seperti points, picas dengan
mengatur option pada menu Tools-Options… dan pilih tab General 

Ubahlah
Measurement Units sesuai dengan keinginan
Untuk mengubah ukuran
kertas, maka dapat dipilih tab paper:

Pada window ini telah disediakan
berbagai ukuran kertas yang standar atau yang biasaya digunakan. Jika tidak terdapat
ukuran kertas yang sesuai pada daftar Paper size, maka Anda dapat mengetikkan
sendiri panjang dan tinggi kertas. Juga dapat diatur pencetakan kertas apakah
akan dicetak tegak (Portrait) atau mendatar (Landscape).
Pada
tab Layout digunakan untuk mengatur Section Start (pembagian
format dokumen), pemakaian header&footer tiap halaman dengan berbagai
pilihan.
Mengatur
Paragraf
Anda
dapat mengatur paragraf yang Anda buat dengan memilih menu Format-Paragraph.

Pilihan AlignmentI digunakan
untuk mengatur perataan paragraph dengan pilihan rata tengah, kiri, kanan atau
keduanya kanan dan kiri. Selain dengan menu ini, pengaturan perataan paragraf
dapat dilakukan dengan menekan tombol Toolbar
. Identation dapat dilakukan dengan langsung
menggeser batas indent pada ruler atau mengetik batas kanan dan kirinya pada Indentation.
Special berisi pilihan hubungan perataan baris pertama dengan baris
selanjutnya pada sebuah paragraph.

Selain
itu terdapat pengaturan jarak baris (Line spacing) untuk mengatur jarak
tiap baris. Sedangkan pada Spacing digunakan untuk mengatur jarak tiap
baris sebelum dan setelah paragraph.
Style
Style
digunakan untuk menyimpan format tampilan pada naskah sehingga dapat digunakan
pada naskah lainnya. Format tampilan seperti huruf dan paragraph. Untuk membuat
style baru dapat digunakan menu Format-Styles and Formatting

Untuk mendefinisikan
style baru, bisa menekan tombol New…, sedangkan jika ingin mengubah
style yang sudah ada, digunakan tombol Modify… Beri
nama style yang baru dan pilih tipe style, style paragraf atau huruf. Untuk mengubah format tersebut (huruf,
paragraf dll), bisa menggunakan tombol Format kemudian pilih bagian yang akan
diubah. 

Tabulasi
Untuk
mengatur tabulasi, dapat memilih menu Format-Tabs atau Format – Paragraph
– tab Indents and Spacing – Tabs atau klik pointer mouse pada ruler

Untuk
mengatur posisi tabulasi yang diinginkan dengan cara mengetikkan jarak pada Tab
Stop Position dan kemudian menekan tombol Set. Juga dapat ditentukan
alignment teks yang terletak diantara tabulasi tersebut apakah rata kiri,
kanan, tengah, dll. Jika diinginkan karakter pengisi diantara dua tabulasi
(misal, garis putus-putus, titik dll), maka dapat dipilih karakter yang
diinginkan tersebut pada Leader.
Untuk
mengubah alignment tabulasi, dapat dilakukan dengan menekan tombol di sebelah
kiri ruler.
.

Menghapus
tabulasi : dengan melakukan drag & drop pada tanda tab dan menariknya
kebawah atau pilihan Clear pada kotak dialog tabs.
Mengatur Huruf
Untuk
mengatur huruf yang Anda pakai pada teks dengan memilih menu Format-Font.

Ada tiga pilihan tab
pada menu tersebut :
ü Font
:
untuk mengganti bentuk atau jenis huruf, ukuran, warna, efek font dan garis
bawah.
ü Font
–
mengatur jenis huruf.
ü Font Style – mengatur huruf agar memiliki
style normal, tebal, miring, atau tebal dan miring.
ü Size
-
mengatur ukuran huruf .
ü Font
Color - warna huruf.
ü Underline
Style – mengatur bentuk garis bawah.
ü Underline Color – menentukan warna
garis bawah.
ü Effects – Strikethrough (coret
tengah), Double Strikethrough (coret tengah dua kali), Superscript (2
2), Subscript
(2 2), Shadow
(sshhaaddooww), Outline (), Emboss (eeemmmbbbooossssss), Engrave
(eeennngggrrraaavvveee), Smallcaps (SMALLCAPS), All Caps (ALL
CAPS), Hidden ( ).
Selain
dengan memilih menu, Anda juga dapat mengatur jenis, ukuran dan style huruf
dengan menekan tombol Toolbar (mengatur jenis huruf) (mengatur ukuran huruf)
(mencetak dengan huruf tebal) (untuk mencetak miring) (untuk mencetak dengan
garis bawah) (mengatur warna huruf).
ü Character
Spacing : pengaturan spasi karakter.

Spacing
:
untuk mengatur spasi karakter (normal, expanded – spasi renggang, condensed –
spasi rapat)
Scale
:
memperbesar/memperkecil skala font
Position :
untuk pergeseran vertical (normal, raised – posisi naik, lowered – posisi
turun). Besar pergeseran default adalah 3 point.
Kerning
for Fonts : untuk mengurangi jarak antara sepasang huruf
dengan memanfaatkan lekuk atau bentuk huruf.
Text
Effects : menambah efek animasi font

Drop cap
Untuk
menampilkan huruf atau kata pertama dalam paragraph agar menjadi besar dan
mencolok. Dengan memilih menu Format-Drop.

Pilihlah paragraph yang
akan diberi drop cap (bilaman yang akan ditampilkan seluruh kata pertama maka
bloklah kata itu terlebih dahulu).
§ None
:
membatalkan drop cap
§ Dropped
:
membuat drop cap rata dengan margin kiri
§ In
Margin : membuat drop cap rata dalam margin kiri
§ Font
:
mengganti jenis huruf dari drop cap yang dibuat
§ Lines
to Drop : menentukan berapa baris tinggi drop cap
§ Distance
from Text : menentukan jarak drop cap daari teks
Change Case
Pada
menu Format-Change Case digunakan untuk mengubah
huruf besar dan kecil.

§ Sentence
Case
§ Lowercase
– mengubah seluruh teks yang dipilih menjadi huruf kecil
§ Uppercase
– menggubah seluruh teks yang dipilih menjadi huruf besar
§ Tittle
Case – mengubah setiap huruf pertama tiap kata menjadi huruf besar dan huruf
selanjutnya huruf kecil
§ Toggle
Case – mengubah huruf pertama dalam kata menjadi huruf kecil dan membesarkan
huruf berikutnya.
Bullets
and Numbering
Untuk
memberi penomoran secara otomatis dengan symbol, huruf atau angka dengan
memilih menu format – bullets and numbering.
-
Bulleted –
untuk membuat daftar berbutir, Numbered – membuat daftar bernomor.
-
Outline Numbered –
membuat daftar bertingkat atau bagan (tombol TAB digunakan untuk melanjutkan
penomoran ke level berikutnya/turun satu level sebaliknya SHIFT+TAB untuk
menaikkan satu level). Untuk memberi penomoran yang berbeda pada tiap baris tab
Outline Numbered dapat juga memilih Customize bila tidak terdapat
pilihan bentukyang diinginkan lalu pilih Ok.


Menyisipkan
Nomor Halaman
Anda dapat memberi
nomor halaman pada dokumen yang Anda buat dengan memilih menu Insert-Page
Number.

Nomor
halaman tersebut dapat Anda atur letaknya apakah di atas atau bawah halaman, di
sebelah kiri, kanan atau tengah. Jika diinginkan untuk memberi nomor halaman
pada halaman pertama, maka Show Number on First Page harus terpilih.
Untuk
mengubah awal nomor halaman atau memberi nomor halaman tertentu pada halaman,
mengubah penomoran (misal menggunakan huruf romawi, abjad dll), dapat menekan
tombol Format…
Menyisipkan
Tanggal dan Waktu
Anda
dapat menyisipkan tanggal dan waktu saat pembuatan dokumen pada dokumen yang
sedang Anda buat dengan memilih Insert-Date and Time.

Menyisipkan
Karakter Khusus
Untuk
menyisipkan karakter khusus yang tidak terdapat pada tombol keyboard, dapat
dipilih menu Insert-Symbol. Tab Symbols untuk mancari lambang dan
Special Character untuk karakter khusus.

Jika
ternyata karakter yang Anda cari tidak terdapat pada window di atas, dapat Anda
coba untuk mencarinya pada font lain dengan mengubah daftar Font.
Menyisipkan
Gambar
Pada
Microsoft Word disediakan fasilitas untuk menyisipkan gambar pada dokumen yang
sedang Anda buat, yaitu dengan memilih menu Insert-Picture. Pada menu
tersebut masih terbagi lagi menjadi jenis gambar yang akan disisipkan yaitu
apakah berupa Insert-Picture-ClipArt Galery atau Insert-Picture-Clipart
(Clip Art), Insert-Picture-from File (file gambar), AutoShape,
WordArt atau Chart.
Clip Art ialah file gambar yang
mempunyai tipe Windows Metafile (.WMF). Secara default, Microsoft Word
menyediakan beberapa Clip Art yang dapat Anda pakai.
Jenis file gambar yang dapat dimasukkan
ke Microsoft Word ada beberapa macam seperti .JPG, .GIF, .PCX, .EMF, .WMF, .BMP,
.PNG, .TIF dll.
AutoShape ialah bentuk-bentuk tertentu
yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Untuk menjalankan AutoShape dapat
menggunakan Toolbar Drawing. Jika Toolbar Drawing belum aktif, aktifkan
terlebih dahulu dengan menu View-Toolbars-Drawing atau dengan menekan
tombol Toolbar.
WordArt ialah bentuk-bentuk huruf yang
sudah ditentukan oleh Microsoft Word dan dapat Anda pergunakan untuk
memperindah dokumen Anda. WordArt ini juga dapat diaktifkan dari Toolbar
Drawing.
Chart ialah grafik yang dihasilkan dari
data berupa angka yang terletak pada spreadsheet. Chart ini dihasilkan oleh
program Microsoft Graph. Untuk menampilkan Chart, selain dengan menu Insert-Picture,
dapat pula dengan menu Insert-Object kemudian memilih Microsoft Graph.
Menyisipkan
File
Anda dapat menyisipkan file dokumen lain
pada dokumen yang sedang Anda buat dengan memilih menu Insert-File. Jika
tipe file yang akan Anda sisipkan bukan dokumen Microsoft Word, maka dapat Anda
ubah daftar Files of type sesuai
dengan tipe file yang akan Anda sisipkan. 

Menggambar
Bentuk-bentuk Tertentu
Anda
dapat dengan mudah menggambar bentuk-bentuk tertentu seperti garis, lingkaran,
persegi, oval dll dengan mengaktifkan Toolbar Drawing melalui menu View-Toolbars-Drawing
atau menekan tombol Toolbar .
Untuk
menggambar atau membuat obyek dan efek gambar maupun teks. Fasilitas ini akan
ditampilkan dalam toolbar drawing dengan memilih menu insert-picture-autoshapes
atau dengan menekan button drawing pada standar toolbar.
Toolbar drawing berisi macam
macam tools dengan fungsi :
ü Draw
, digunakan untuk mengelompokan , mengatur posisi, memutar, dan mengganti obyek
dengan berbagai obyek lainya; yang termasuk draw adalah :
o Order, untuk mengatur posisi obyek
terhadap obyek lainya.
o Nudge, untuk menggeser obyek.
o Align or distribute , untuk mengatur
perataan obyek terhadap halaman atau lembar kerja.
o Rotate or flip , untuk memutar atau
membalik obyek..
o Change autoshapes, untuk mengganti
bentuk obyek yang sudah ada.
• Select obyek, untuk memilih obyek yang
berdampingan.
• Free rotate, memutar obyek sesuai
keinginan.
• Autoshapes, untuk
memilih berbagai gambar yang telah disediakan , misalnya : lines, untuk
menggambar berbagai bentuk garis; basicshapes, untuk menggambar berbagai bentuk
obyek dasar; callout, untuk mengambar berbagai bentuk bingkai table ; dan
sebagainya.
• Line, untuk menggambar garis lurus.
• Arrow, untuk menggambar anak panah.
• Rectangle, untuk menggambar persegi /
kotak.
• Oval, untuk menggambar elips /
lingkaran.
• Text box,untuk membuat teks dalam
kotak atau bingkai.
• Word art, untuk membuat teks dengan
berbagai efek.
• Insert clip art, untuk menyisipkan
gambar clip.
• Fill color, untuk mewarnai obyek yang
berbentuk.
• Line color, untuk menentukan warna
garis.
• Font color, untuk mewarnai teks.
• Line style, untuk memilih jenis garis.
• Dash style, untuk memilih bentuk tanda
garis.
• Arrow style, untuk memilih jenis anak
panah.
• Shadow, untuk memilih efek bayangan
obyek.
• 3-D, untuk memilih bentuk obyek 3
dimensi.
Pada Toolbar Drawing tersebut terdapat
beberapa bentuk seperti garis, panah, oval/lingkaran, text box yang dapat Anda
gunakan untuk menggambar diagram-diagram sederhana. Untuk bentuk-bentuk lain
dapat Anda gunakan AutoShapes, dan untuk bentuk huruf-huruf dapat Anda gunakan
WordArt.
Bentuk-bentuk
tersebut dapat Anda beri warna, ubah ketebalan garis, arah anak panah, memberi
bayangan, bahkan membuatnya menjadi bentuk tiga dimensi secara mudah dengan
menekan tombol-tombol Toolbar Drawing tersebut.
Ada
beberapa hal yang dapat diatur yaitu peletakan gambar pada teks. Gambar dapat
diletakkan sebagai bagian dari teks atau dapat diletakkan sebagai obyek yang
berbeda dari teks. Jika gambar diletakkan sebagai obyek yang berbeda, maka
letak gambar tersebut dapat berada di atas teks (menumpuk pada teks), di
sekeliling teks dll.
Pada
tab layout di atas digunakan untuk menentukan letak gambar pada kotak gambar
yang tersedia.
Jika
dipilih gambar sebagai obyek tersendiri, maka Anda dapat mengatur peletakan gambar
tersebut terhadap teks, apakah menumpuk pada teks, atau terkelilingi oleh teks
dll dengan memilih tab Layout – Wrapping Style.
Border and shading digunakan untuk
memberi garis batas dan pola kelabu/raster dengan cara memilih menu Format –
Borders and Shading atau pada toolbar klik button Tables and border.
o

•
Borders
o Setting : menentukan jenis
bingkai (none – meniadakan bingkai, box – memberi kotak, shadow – berder dengan
bayangan, 3-D – bingkai tiga dimensi)
o Style : memilih bentuk/ pola
garis
o Color : memilih warna garis
o Width : memilih ukuran garis
o Preview : menentukan bingkai
secara bebas
o Option : menentukan jarak
antara garis dan teks yang diberi bingkai
•
Shading – terdapat pilihan Fill (memilih warna latar belakang
bingkai) dan Pattern (memilih pola arsiran)
•
Page Border – halaman dokumen yang diberi bingkai
Menyisipkan
Header dan Footer
Untuk
menyisipkan header ataupun footer pada dokumen yang sedang Anda buat dengan
memilih menu View-Header and Footer. Setelah menu tersebut terpilih,
maka posisi cursor pada dokumen Anda akan menuju ke bagian header dan akan
tampil Toolbar Header beserta box untuk header dan footer.
Anda
dapat mengetikkan header yang Anda inginkan atau dapat menyisipkan nomor
halaman, jumlah halaman, tanggal, waktu dengan menekan tombol pada Toolbar
Header tersebut.
rsebut .

Menyisipkan
Footnote
Untuk
menyisipkan catatan kaki (footnote) pada dokumen Anda dengan memilih menu Insert-Reference-Footnote.

Selain
footnote, Anda juga dapat menyisipkan endnote. Beda antara footnote dengan
endnote ialah footnote terletak pada bagian bawah halaman yang bersesuaian,
sedangkan endnote terletak di akhir dokumen.
Setelah
Anda menekan tombol Ok, maka posisi kursor akan langsung menuju ke bagian bawah
halaman dimana Anda dapat memasukkan footnote yang Anda inginkan.

Jika
Anda berada pada posisi teks yang mempunyai footnote, Anda dapat dengan mudah
membaca isi footnote tersebut dengan meletakkan cursor mouse pada nomor
footnote. Jika Anda ingin menuju ke footnote, maka tekan dua kali tombol mouse
kiri pada nomor footnote. Anda dapat menghapus footnote hanya dengan menghapus
nomor footnote pada teks.
Berpindah
Halaman
Ada 2 macam :
1.
soft page break – perpindahan halaman otomatis bila halaman sudah penuh
2.
hard page break – pindah halaman baru walaupun halaman belum penuh dengan cara
CTRL+ENTER atau memilih menu Insert-Break, pilih Page break.
Untuk membatalkan tekan BACKSPACE atau DELETE.

Kolom
Membuat kolom
Perintah
yang digunakan untuk menjalankan column adalah tombol Column pada
toolbar atau menu Format-Columns. Sebelum melakukan perintah bagian teks
yang akan dibuat kolom haruslah diblok terlebih dahulu.

Preset -
menentukan bentuk kolom, Number of Column – menentukan jumah kolom, Width
and Spacing – mengatur lebar kolom dan spasi atau jarak antar kolom, Equal
Column – untuk lebar kolom yang sama, Line Between – memberi garis
batas antar kolom.
Section & Section Break
Section
ialah suatu bagian dokumen yang mempunyai format tertentu yang berbeda dengan
yang lain. Misalnya dalam suatu dokumen ada naskah yang mempunyai format 2
kolom, sedangkan di bagian yang lain pada dokumen yang sama, terdapat naskah
yang mempunyai format 3 kolom. Untuk bisa memformat dokumen menjadi 2 atau
lebih bagian seperti contoh di atas, dibutuhkan adanya section. Pada section
yang berbeda, dokumen dapat mempunyai format yang berbeda pula.

Untuk mengganti section pada dokumen,
dapat digunakan menu Insert-Break… pada bagian Section Breaks.
Pada bagian Section
breaks terdapat empat pilihan yaitu Next Page, Continuous, Even
Page, Odd Page. Next Page untuk meletakan section berikutnya
berada pada halaman yang berbeda. Continuous digunakan bila tidak
diperlukan pemindahan halaman untuk section berikutnya. Even Page dan Odd
Page digunakan untuk menempatkan section berikutnya pada halaman genap atau
ganjil berikutnya.
Tabel
Menggambar
tabel
Untuk menggambar table
pilih menu Table – Draw Table

Icon Draw Table untuk
mengaktifkan pointer pensil untuk membuat
Insert Table
Membuat
table dengan format yang telah tersedia sehingga tidak perlu menggambar satu
persatu kotak/sel.
Format Tabel
Pada
window diatas tab AutoFormat untuk menentukan bentuk tampilan table.
a. Insert Row, Column
Klik
menu Table-Insert-columns to the Left (menambah kolom di sebelah kiri)
atau Table-Insert-Columns to the Right (menambah kolom di sebelah kanan)
atau Table-Insert-Rows Above (menambah baris diatas) atau Table-Insert-Rows
Below menambah baris dibawah.
b. Delete Row, Column
Pilih
menu Table-Delete-Column atau Table-Delete-Row untuk menghapus
baris ataupun kolom
c. Sorting
Untuk
mengurutkan data yang terdapat dalam table pilih menu Table-Sort dengan
model pengurutan naik atau turun.

Insert
Object
Microsoft
Word menyediakan fasilitas untuk menyisipkan data yang diperoleh dari program
lain dengan menggunakan menu Insert-Object…

Pilihlah
jenis data yang akan digunakan dalam dokumen dan jenis data yang ada bergantung
pada jenis program yang terdapat dalam computer.
Display as Icon digunakan
untuk menampilkan data yang kita masukkan sebagai icon, sehingga tidak terlihat
isi data tersebut sebenarnya.
Salah
satu jenis data yang sering digunakan adalah Microsoft equation yang dapat
digunakan untuk mengetikkan rumus-rumus matematika dengan lebih mudah daripada
yang biasanya menggunakan symbol atau karakter khusus. Dengan cara Insert-Object
tab Create New pilihlah Microsoft Equation. Akan muncul
window baru (hampir sama dengan tampilan normal hanya ada perbedaan pada
toolbarnya).
Untuk
mengubah style atau bentuk huruf, pilih menu Style pada Microsoft
Equation Editor, Style Text untuk mengubah bentuk rumus menjadi teks, Style
Math untuk penulisan rumus matematika.
Mail
Merge
Jika
anda bermaksud mengirim surat undangan kepada beberapa rekan, biasanya isi
surat undangan tersebut sama hanya saja identitas rekan yang anda tuju berbeda.
Untuk memenuhi hal ini, anda tidak perlu membuat surat undangan tersebut
sejumlah rekan anda, tetapi anda cukup membuat satu dokumen sumber, dan
selanjutnya microsoft word yang akan membuat dokumen tersebut menjadi banyak
sejumlah rekan yang akan anda kirimkan surat tersebut dengan masing-masing
dokumen mempunyai identitas yang berbeda-beda, tetapi isinya tetap sama.
Untuk
dapat memanfaatkan fasilitas ini, anda dapat memilih menu Tools – Letters and
Mailing – Mail Merge. Setelah memilih menu, pada sebelah kanan editor anda akan
muncul Mail Merge wizard seperti gambar di atas.
Langkah-langkah
pembuatan mail merge ini sudah disusun oleh microsoft word sehingga untuk
pembuatan tersebut anda cukup menjalankan langkah berurutan mulai langkah pertama
sampai dengan langkah keenam.
Langkah
Pertama adalah memilih tipe surat yang akan dibuat. Ada lima
macam tipe surat yang disediakan, yaitu: Letters, E-mail messages, Envelopes,
Labels dan Directory.
Pada
Langkah Kedua ini dokumen utama yang akan diproses dapat dipilih, misal
jika anda hendak membuat surat undangan, maka dokumen utama ini ialah isi surat
undangan anda tersebut. Ada tiga pilihan, yaitu: dokumen yang sedang aktif
sekarang, template dokumen yang telah dibuat sebelumnya atau memanggil file
dokumen lain.
Langkah
Ketiga digunakan untuk membuat atau memilih daftar penerima
dari surat yang akan anda buat. Daftar ‘Recipients’ ini ialah
data yang berupa identitas rekan-rekan anda yang hendak anda kirim surat
undangan tersebut. Ada tiga pilihan yaitu: Menggunakan daftar penerima surat
yang telah dibuat sebelumnya, menggunakan list ‘contact’ pada
aplikasi MS Outlook atau membuat list penerima surat baru.
Langkah
Keempat untuk menulis dan menyusun format surat yang akan
anda buat. Pada langkah ini posisi daftar penerima surat yang akan digabung
(merge) dalam dokumen dapat diatur. Selain itu anda dapat pula mengatur bentuk
salam pembuka dan item – item lain yang ingin digabung.
Langkah
Kelima, hasil dokumen surat yang telah anda buat dan
digabung dengan list penerima surat dapat dilihat kembali (Preview).
Pada
langkah terakhir, yaitu Langkah Keenam, anda diberi pilihan untuk
langsung mencetak dokumen surat yang telah dibuat, atau meng-edit ulang setiap
surat yang dihasilkan oleh proses Mail Merge ini.
Untuk
pertama kali membuat mail merge, anda dapat memilih menu Tools – Letters
and Mailing – Mail Merge, yang akan memunculkan Mail Merge wizard
disebelah kanan editor anda. . Untuk pembuatan surat biasa, anda dapat memilih
radio button ‘Letters’. Kemudian tekan ‘right click’ pada ’Next: Starting
document’ yang ada pada bagian bawah wizard untuk menuju langkah
selanjutnya.
PENUTUP
Modul ini hanyalah pengantar dan baru
sebagian kecil dari penguasaan komputer secara keseluruhan, untuk itu diperlukan latihan lebih lanjut
serta belajar dengan sungguh-sungguh agar cepat menguasai miscrosof word dengan
baik.
- Perbanyaklah berlatih dengan modul-modul terdahulu. Jangan cepat menyerah sebelum bisa. Praktekkanlah materi yang telah anda baca.
- Jangan cepat puas, karena pengetahuan komputer itu sangat luas, dan tidak ada yang mampu menguasai semuanya.
- Jangan lupa, belajar komputer itu perlu, namun belajar di sekolah yang utama. Belajar komputer setelah pelajaran di sekolah diselesaikan, baik tugas maupun PR.
- Yang terakhir, kalau dalam penyusunan modul maupun penyampaian materi ini banyak kekurangan, mohon maaf sebesar-besarnya, dan semoga pada kesempatan lain bisa disempurnakan lagi.
makasih ya bu...bermanfaat buat adik saya...
BalasHapusmakasih bu, sangat bermanfaat
BalasHapusga muncul gambarnya ya
BalasHapus